Sejarah ASEAN, Siapa Sih Pendirinya?

ASEAN dulu dibentuk untuk menjadi sebuah organisasi yang membahas tentang politik serta ekonomi antar negara anggota mereka. organisasi ini dibentuk di tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, dan saat ini ASEAN sudah memiliki umur 54 tahun.

ASEAN sendiri adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang merupakan organisasi ekonomi serta geopolitik yang khusus untuk berbagai negara di wilayah Asia Tenggara.

Sejarah beridrinya ASEAN diawali karena adanya beberapa kesamaan di antara negara – negara pendirinya dan juga konflik yang terjadi di saat itu.

Pada tahun 1960 an adalah masa yang paling sulit untuk negara di Asia Tenggara. Ada beberapa perselisihan yang terjadi saat itu baik secara internal maupun eksternal.

Asia Tenggara sendiri adalah tempat yang sangat strategis sehingga beberapa negara yang ada di kawasan ini pun jadi basis blok untuk Timu serta Barat misalnya seperti negara Filipina dan Vietnam.

Selain itu, ada pula konflik militer yang terjadi pada negara lainnya seperti Vietnam, Kamboja, hingga Laos. Ada juga konflik bilateral yang terjadi di antara negara Malaysia dengan Indonesia serta Vietnam dengan Kamboja.

Masalah – masalah ini pun memberikan dampak kepada stabilitas pertahanan serta ekonomi yang ada di negara Asia Tenggara.

Pada akhirnya, beberapa pemimpin pun memberikan inisiatif untuk menciptakan suasana yang aman serta damai bagi kawasan Asia Tenggara dengan cara membentuk ASEAN tersebut.

Berdirinya ASEAN sendiri diawali dari pertemuan 5 menteri luar negeri dari perwakilan berbagai negara yang ada di Asia Tenggara.

Pertemuan ini pun dilaksanakan di Bangkok, Thailand di tanggal 5 sampai dengan 8 Agustus 1967. Pengesahan berdirinya ASEAN lalu dimuat ke dalam Deklarasi Bangkok atau yang biasanya juga disebut sebagai deklarasi ASEAN. Ada 5 negara yang merupakan pendiri ASEAN beserta dengan nama perwakilannya yaitu:

  • Thailand: Thanat Koman (Menteri Luar Negeri Thailand)
  • Singapura: Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura)
  • Indonesia: Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia)
  • Filipina: Narciso Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina)
  • Malaysia: Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri Malaysia)

Adanya konflik yang terjadi pada beberapa negara yang ada di Asia Tenggara waktu itu jadi alasan kenapa ASEAN dibentuk. Selain karena terdapat konflik serta perselisihan, ada juga latar belakang maupun faktor pendorong kerja sama yang terjadi di antara negara ASEAN.

Salah satunya adalah negara – negara di wilayah ASEAN ada pada kawasan Asia Tenggara yang letaknya ada di antara benua Australia dan daratan benua Asia dan juga di antara Samudra Hindia dan Pasifik.

Itulah bagaimana sejarah ASEAN terbentuk dan kenapa ASEAN ini dibentuk. Sebagai warga Indonesia, kita harus kenal dengan ASEAN ya! Semoga bermanfaat.