Asal Usul Hiking, Sudah Tahu?

Pernah melakukan hiking? Atau tertarik melakukan hiking? Mungkin kalian sudah sering mendengar kata hiking. Namun, apakah kalian tahu benar mengenai apa itu hiking?

Banyak masyarakat yang mengaku bahwa mereka menyukai olahraga ekstrim seperti hiking ini. Namun ternyata, setela ditelusuri, masih banyak pula masyarakat yang belum tahu dengan tepa tapa itu hiking.

Hal ini tentu saja mengkhawatirkan karena sebelum melakukan sesuatu seharusnya kita tahu dulu apa hal yang mau kita lakukan tersebut dan bagaimana asal usulnya.

Nah, untuk kalian yang mungkin belum tahu dan ingin menambah pengetahuan, di bawah ini akan kami berikan informasi terlengkap seputar hiking dan apa saja sih yang membedakan trekking dan hiking sehingga mereka memiliki nama yang sangat berbeda.

Hiking adalah kegiatan outdoor yang terdiri dari berjalan di lingkungan alam, biasanya di hiking trails. Ini merupakan salah satu aktivitas popular yang banyak dilakukan bahkan ada banyak organisasi hiking di seluruh dunia.

Hiking atau jalan kaki ini merupakan bentuk latihan dan rekreasi yang menyehatkan. Hiking bisa jadi hanya berjalan beberapa jam atau bahkan beberapa minggu.

Beberapa hiker yang sudah berpengalaman akan memperoleh kepuasan dengan berjalan menjelajahi alam liar.

Kebanyakan orang hanya membutuhkan pakaian yang cocok dengan cuaca dan sepatu boot yang ringan dalam melakukan hiking.

Asal Kata Hiking

Asal Kata Hiking

Pada dasarnya, hiking merupakan berjalan kaki di alam terbuka yang bisa dan biasanya dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak – anak hingga orang tua. Bahkan, olahraga hiking juga bisa dilakukan hanya dengan sendiri maupun berkelompok loh.

Kata Hiking sendiri awalnya berasal dari kata kerja to hike yang memiliki arti berjalan kaki aau berbaris jauh untuk tujuan kesenangan atau latihan saja. Jika dilihat dari artinya, banyak jenis olah raga jalan kaki yang bisa kita sebut dengan hiking.

Namun, kenyataannya, hiking ditunjukkan untuk perjalanan kaki yang mengandung unsur permainan, petualangan, serta romantika kehidupan. Bukan hanya sekedar berjalan kaki atau berbaris jauh seperti kata dasarnya.

Jalur Hiking

Jalur Hiking

Jalur hiking sangat bervariasi, ada beberaoa tipe hiking mulai dari track yang datar, menurun, hingga menanjak sehingga bisa memberikan kesan berpetualang bebas.

Selama hiking kita diajarkan untuk disiplin dalam cara membagi kelompok hiking menjadi kelompok-kelompok kecil.

Anggota kelompok berhalan secara berurutan sau persatu dan tidak diperbolehkan untuk saling mendahului dari awal hiking hingga akhir. Dengan begitu rasa kebersamaan dalam kelompok akan tetap terjaga.

Perbedaan Hiking dan Trekking

Perbedaan Hiking dan Trekking

Banyak orang yang suka salah mengartikan dan menyamakan hiking dengan trekking. Padahal, keduanya memiliki arti yang cukup berbeda loh dari jarak tempuh hingga cara melakukannya.

Secara garis besar, hiking merupakan kegiatan outdor dimana kalian akan melakukan kegiatan perjalanan sebagai kegiatan utama.

Kebanyakan hiking memilih pemandangan yang indah dan hanya menyusuri jalan yang sudah dibuat atau ditentukan. Sehingga biasanya aka nada titik tertentu seperti tempat istirahat, papan penunjuk jalan, dan lain-lain.

Sementara trekking merupakan aksi perjalanan panjang yang dilakukan dengan cara berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain.

Trekking biasanya dilakukan di daerah yang masih minim transportasi atau jalur yang masih jarang dilalui orang. Trekking juga tidak ada petunjuk jalan atau tempat istirahat. Bahkan mungkin kalian harus membuka jalan sendiri untuk mempersingkat perjalanan.

Untuk lama perjalanan, hiking biasanya ditempuh dalam waktu singkat kurang dari satu hari sedangkan trekking waktu perjalanannya sulit diprediksi, bisa sehari, seminggu, atau berbulan-bbulan dengan risiko tersesat.

Itulah informasi lengkap mengenai hiking yang bisa kalian jadikan sebagai ilmu tambahan bagi kalian yang mungkin belum tahu. Tentu saja info ini harus kalian ketahui sebagai pengetahuan tambahan kalian.

Setelah membaca artikel ini, jangan sampai kalian tertukar lagi ya antara hiking dengan trekking yang memiliki pengertian yang jauh berbeda.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang berencana melakuka hiking bareng teman – teman atau keluarga kalian namun belum tahu apa itu hiking yang sebenarnya.